Jumat, 15 September 2017

Cara Untuk Memperbaiki Komputer yang Sering Restart

Tags

Sedang asik-asiknya menggunakan komputer, namun tiba-tiba komputer yang Anda gunakan restart dengan sendirinya? Bisa kebayangkan, gimana rasanya? Bete, kesel semua berkecambuk menjadi satu, tapi jangan sampai membanting komputernya ya.


Baca juga

Tips - Cara Mengatasi Blue Screen Pada Komputer
Tips - Cara Ampuh Mengakses Situs yang Diblokir
Cara Vpn Melindungi Perangkat Kamu dari Jaringan Wifi Gratisan

Ngomongin komputer tentunya tidak terlepas dari internet. Sering sekali terjadi problem, contohnya komputer yang tidak bisa mengakses wifi, pembatasan secara global. Nawala dan internet positif, namun ada caranya untuk mengakses pembatasan global itu, yaitu dengan menggunakan VPN Cepat

Namun yang akan kita bahas kali ini adalah bagaimana cara memperbaiki komputer yang suka restart dengan sendirinya. jika Anda memiliki problem seperti ini, lebih baik lapangkan dada Anda, sabar dan mulai mencari tahu apa penyebabnya? Penyebab dari komputer yang sering restart dengan sendirinya biasanya ada beberapa penyebab, apa saja?

1. Prosesor kepanasan



Prosesor kepanasan bisa jadi merupakan salah satu penyebab utama komputer Anda sering mengalami restart dan cara untuk memperbaikinya adalah:
  • Membuka casing CPU dan rasakan temperaturnya
  • Bersihkan heatsink atau pendingin prosesor dari debu
  • Pastikan kipas prosesor berjalan dengan baik dan lancar
  • Menambahkan thermal paste pada prosesor

2. Daya Pada Power Supply Kurang


Kurangnya daya pada power supply bisa menyebabkan macetnya atau matinya kipas angin yang terdapat pada power supply, sehingga terjadi overheat pada komponen power supply dan membuat komputer Anda restart dengan sendirinya.
Cara paling tepat adalah:
  • Mengganti power supply dengan yang baru

Dengan cara ini tentunya komputer Anda akan beroperasi dengan normal kembali

3. Hardisk Bad Sector



Rusaknya hardisk bad sector bisa menjadi penyebab komputer restart terus. Untuk mencegah kerusakan dan memperbaiki hardisk tersebut, langkah yang harus dilakukan adalah:
  • Lakukan scandisk atau checkdisk untuk mencegah kerusakan dan sekaligus untuk memperbaiki hardisk tersebut
  • Lakukan defrag pada hardisk agar file-file yang ada dihardisk kita kembali teratur dan mencegah hardisk cepat rusak

4. Ram Rusak


Ram yang rusak juga bisa menjadi penyebab komputer suka restart. Cek Ram dikomputer Anda, pastikan Ram di komputer Anda masih layak dipakai atau tidak?
Jika sudah tidak layak untuk dipakai, lebih baik Anda langsung menggantinya agar komputer Anda dapat digunakan dan kembali normal.


Well, itulah cara memperbaiki komputer yang sering restart dengan sendirinya. Semoga membantu ya!


EmoticonEmoticon